Wednesday 15 May 2013

Mengatasi Error P02 pada Canon MP258

:
   Selamat siang sobat blogger semuanya, kali ini theGUE ingin share cara mengatasi error p02 pada print canon MP258 atau Error 5100 keterangan yang muncul dilayar monitor saat printer dibuat ngeprint. Sebenarnya ini adalah kisah sukses temen theGUE menyelesaikan kasus error p02 tersebut namanya mas slamet triyono atau kalau disini akrab dipanggil 'mas slem'.
   Gejalanya suara mekanik tidak normal terdengar suara "Glodak-glodak" sangat keras seperti menabrak sesuatu, pas coba dilihat ternyata bener pergerakan rumah katrit tidak terkendali setelah menabrak bagian kanan print dengan sangat keras barulah panel LCD printer menunjukkan error p02.
karena penasaran dengan keanehan tersebut maka mas slem segera cek semua sensor satu persatu, dari mulai encoder bagian belakang katrit yang bentuknya seperti pita bening panjang dan tipis, penggantian sensor pada encoder samping, ganti dinamo/ motor penggerak katrit, ganti sensor mekanik yang jadi satu dengan sensor kertas, hingga ganti mainboard telah ia lakukan tetapi jasilnya tetap gerakan rumah katrit tidak terkendali dan berahir menabrak bagian kanan printer(tempat katrit berhenti saa melakukan cleaning).
    Ahirnya setelah dianalisa kembali berdasarkan penggantian-penggantian yang telah dilakukan pada sensor di semua bagian printer ternyata tinggal 1 kemungkinan yaitu sensor yang jadi satu dengan rumah katrit. seperti gambar berikut :


Untuk mengganti sensor tersebut tidak mungkin jika tidak diganti satu paket alias ganti rumah katritnya, setelah diganti dan dicoba..Alhamdulillah ternyata penyakitnya sudah sembuh..demikian penanganan Error P02 yang sukses teratasi oleh temen theGUE sodara Mas SlEm..semoga bermanfaat.


2 comments:

  1. saya udah lakukan semua itu gan tapi hasilnya nihil, adakah cara lain gan?

    ReplyDelete
  2. smentara itu gan dari pengalaman, .lainnya mungkin motor2 mekaniknya ada yang error..

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung ke Blog theGUE, theGUE berharap apa yang theGUE tuliskan diBlog ini bisa bermanfaat bagi sobat semuanya, silakan berkomentar ataupun memberikan kritik dan saran positif yang membangun kepada theGUE.