Sunday 12 May 2013

Tips Merawat Laptop / Komputer


Selamat siang sobat blogger semua, siang ini theGUE ingin sedikit sare antisipasi laptop / komputer yang seringkali rusak akibat kena virus, ya..virus memang sudah sangat familiar ditelinga para pemakai system operasi windows. Keberadaan dan eksistensinya menimbulkan berbagai efek yang sangat mengganggu eperti laptop jadi lambat, aplikasi jadi rusak, open with dkk.
Nah berikut tips perawatan yang mau theGUE share berdasarkan pengalaman didunia per-'servis'-an laptop dan komputer yang selama ini menjadi pekerjaan theGUE :
  • jika komputer / laptop sobat masih dalam kondisi baik atau belum menunjukan gejala yang mencurigakan(mengganggu), scan flashdisk tiap kali anda menancapkannya pada komputer / laptop sobat dengan antivirus kepercayaan sobat (avast, avira, avg dkk)
  • usahakan komputer / laptop sobat hanya terisi 1 AV (antivirus) saja, kecuali digabungkan dengan smadav tidak apa-apa. pengalaman kalau memakai lebih dari 1 AV komputer / laptop malah sering hank / crash jadi malah mengganggu.
  • usahakan antivirus kepercayaan sobat selalu diupdate, jangan sampai masa berlakunya habis sehingga menyebabkan AV tersebut berhenti bekerja.
  • jika komputer/ laptop sobat kena virus,  segera scan komputer sobat dengan AV kepercayaan sobat. jika parah hingga menimbulkan windowsnya rusak segera IOS (Instal Operating System), tapi setelah proses IOS usahakan aplikasi yang diinstall pertama kali adalah AV dan langsung diupdate kemudian langsung scan seluruh partisi kecuali partisi "C:" karena partisi ini theGUE yakin masih OK karena habis install ulang. jangan pernah membuka artisi selain "C:" untuk melihat data atau untuk keperluan apapun sebelum discan menggunakan AV kepercayaan sobat karena besar kemungkinan ada virus yang hinggap di partisi itu yang jika sobat buka akan langsung menyerang system sobat, sehingga proses IOS jadi percuma.
sementara itu sedikit tips yang ingin theGUE share kepada sobat blogger semua semoga bermanfaat. salam blogger! :D

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke Blog theGUE, theGUE berharap apa yang theGUE tuliskan diBlog ini bisa bermanfaat bagi sobat semuanya, silakan berkomentar ataupun memberikan kritik dan saran positif yang membangun kepada theGUE.