Sunday 22 December 2013

Error 6000 pada Canon IP1980/1990

 Selamat sore maaf theGUE sudah lama sekali tidak pernah posting lagi diblog ini bukannya tidak ingin share dan berbagi pengalaman lagi tapi memang masih mencari dan mencari bahan buat sharing dan kali ini baru muncul ide buat sharing lagi dari pengalaman sekitar 2minggu kemari nanganin printer canon ip1980 yang blinking dan tidak bisa dipakai untuk mencetak/ ngeprint, yaitu error 6000.
 Dari pengalaman kemarin ternyata penyebab error 6000 adalah encoder sebelah kiri (mika tipis yang bentuknya bulat) kena blok tinta jadi lapisan garis-garis tipis yang ada ditepi yang mengelilingi encoder(berfingsi sebagai timing untuk membaca gerakan putaran motor sehingga sesuai kebutuhan) tertutup semuanya sehingga sensor tidak bisa membaca timing tesebut sama sekali dan mengakibatkan error.
 Solusinya ambil encoder tersebut dan bersihkan dengan cara dicuci dengan air sampai bersih kemudian keringkan, setelah benar-benar kering baru dikembalikan lagi, atau kalau memang tintanya sudah tidak bisa dibersihkan solusinya ganti encoder tersebut dengan yang baru. Sekian postingan theGUE kali ini semoga bermanfaat buat para reader maupun sobat teknisi printer semuanya..
kritik saran dan pertanyaan bisa dilakukan dikolom komentar, tapi mohon maaf bila theGUE tidak bisa langsung membalas pertanyaan sobat semuanya, karena memang theGUE jarang sekali buka blog ini, theGUE juga berharap semoga setelah ini theGUE bakal lebih rajin lagi sharing diblog ini.. :D

2 comments:

Terimakasih telah berkunjung ke Blog theGUE, theGUE berharap apa yang theGUE tuliskan diBlog ini bisa bermanfaat bagi sobat semuanya, silakan berkomentar ataupun memberikan kritik dan saran positif yang membangun kepada theGUE.