Thursday 13 November 2014

Cara Mengamankan File Dari Virus Komputer

 Kali ini theGUE coba share about IT again hehehe, just nothing ..halah langsung saja ya ini berdasarkan pengalaman theGUE selama ini yaitu teknik mengakali/ mensiasati bagaimana supaya file program yang kita miliki tidak terkena virus komputer, karena biasanya virus komputer seringkali menginfeksi file yang ekstensinya berupa *.exe (tentu saja ini berlaku untuk para pengguna o.s.windows biasanya berupa"setup.exe" yang merupakan file executable for windows *untuk pengguna 'linux' lewatin saja :D ).
 Dulu langkah theGUE biasa mengganti ekstensi file *.exe menjadi *.ex_ atau *.exxx, yang penting merubah ekstensi file .exe jadi .apasaja yang penting tidak .exe lagi, terus kalau mau gunain programya ya otomatis kita musti merubah ekstensi dari *.apasaja menjadi *.exe supaya bisa digunakan kembali pada o.s windos kita.
 Cara kedua dengan menjadikan 'winrar' file program yang ada didalam suatu folder bisa semuanya dan atau cukup file yang berekstensi *.exe_nya saja. hal ini buat jaga-jaga juga supaya jika suatu saat file *.exe hilang kita masih punya file *.exe tersebut yang berupa 'winrar' tinggal diekstrak saja dan program siap digunakan kembali :D.
 Cara ketiga, yang ini sampai sekarang masih theGUE gunain karena sampai saat ini ini yang paling aman menurut theGUE, yaitu file program yang kita punya dijadikan *.iso keseluruhan tapi tidak lagi 'mengubah ekstensi' seperti cara-cara diatas tapi disini cara bikin iso_nya pakai program dan programnya terserah apa saja boleh. Kalau theGUE biasanya menggunakan program UltraIso karena program lain belum pernah coba sih hehehehe. yang jelas pengalaman bikin suatu program jadi iso paling aman sampai saat ini menurut theGUE, terus kalau mau gunain theGUE biasa pakai virtualdrive dari ultraiso(karena theGUE hanya pakai program ini saja sampai saat ini hehehe).
 Demikian dulu share pengalaman theGUE ngamanin program-program kesayangan theGUE semoga bermanfaat, aamiin :D

NB :
  • hati-hati cara pertama terkadang file yang awalnya *.exe theGUE tubah jadi *.apasaja kemudian pas mau gunain dan rename ekstensi lagi dari *.apasaja ke *.exe program jadi rusak.
  • cara kedua pengalaman theGUE masih kurang aman, theGUE ketahui saat scan virus pakai avast mode boot-time scan, dan hasilnya file *.exe yang dibackup jadi winrar tetap bisa terhapus dan hilang.
  • cara ketiga ini theGUE belum menemukan kelemahannya, terbukti saat menjadikan seluruh file program 'corel X4' beserta keygennya jadi iso pas theGUE 'mount' kevirtual drive, keygen corel x4 ini sempet dideteksi virus oleh avast tapi saat avast berusaha men'delete' tidak bisa file keygen tersebut aman-aman saja dan normal digunakan tanpa kendala.
  • jadi rekomendasi dari  theGUE pakailah cara ketiga.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke Blog theGUE, theGUE berharap apa yang theGUE tuliskan diBlog ini bisa bermanfaat bagi sobat semuanya, silakan berkomentar ataupun memberikan kritik dan saran positif yang membangun kepada theGUE.