Saturday 1 November 2014

Komputer Tidak Tampil Gambar Dilayar

 Berikut theGUE pingin sharing pengalaman penanganan komputer/CPU yang pada waktu dinyalakan indikator power menyala, suara kipas juga terdengar tapi tidak muncul gambar di monitor kalau sekarang di LCD/ LED monitor y hehehehe, ya intinya seperti itulah, nah jika sobat mengalami masaklah yang demikian coba lakukan pengecekan sendiri  dulu sebelum memutuskan untuk memanggil seorang teknisi komputer, dan berikut langkah pengecekannya.
 langkah pertama jika sobat mengalami masalah seperti yang telah theGUE paparkan diatas adalah :
  • cek kondisi monitor/LCD/LED monitor anda, pastikan sudah menyala atau benar-benar masih bisa berfungsi normal.
  • jika sobat yakin monitor sobat aman dan berfungsi normal maka selanjutnya cek kakoneksi kabel VGA, pastikan kabel vga antara CPU/ Komputer dan Monitor terkoneksi dengan benar dan tidak terlepas atau jika kotor bisa dibersihkan terlebih dahulu.
  • apabila langkah kedua juga belum menyelesaikan masalah, selanjutnya coba beranikan diri sobat buat bongkar casing CPU sobat, kemudian ambil dan bersihkan pin memory/ram(tembaga yang berwarna emas) dengan menggunakan penghapus pensil, setelah itu pasangkan kembali pada tempatnya kemudian coba  nyalakan kembali komputer sobat, seringkali penyebabnya adalah memory/ram yang kotor.
  • jika CPU sobat menggunakan vga card entah itu memakai slot AGP ataupun PCI Express bersihkan juga bagian ini, langkahnya sama dengan cara membersihkan ram/memory.
Setelah langkah diatas seharusnya komputer sobat kembali normal/ menyala seperti biasanya, namun jika setelah melakukan langkah-langkah diatas komputer sobat masih sama keaadaannya atau belum bisa tampil dilayar monitor/lCD/LED monitor bisa jadi yang rusak adalah motherboard,Prosesor,BIOS yang rusak/error dan dalam hal ini sobat bisa putuskan buat memanggil teknisi komputer untuk memperbaikinya karena menurut theGUE ini termasuk kerusakan yang butuh analisa lebih, sehingga harus benar-benar paham untuk bisa memperbaikinya.
 sekian postingan theGUE kali ini semoga bermanfaat :D

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke Blog theGUE, theGUE berharap apa yang theGUE tuliskan diBlog ini bisa bermanfaat bagi sobat semuanya, silakan berkomentar ataupun memberikan kritik dan saran positif yang membangun kepada theGUE.