/*editan theGUE sumber : http://pelajaran-blog.blogspot.com/2012/01/membuat-slideshow-photo-foto-berubah.html*/

Mengatasi Printer L200 / Tx121 MATOT (Mati Total)

| Kamis, 20 Juni 2013
 Selamat pagi sobat blogger semuanya pagi ini theGUE mengulang lagi postingan theGUE sebelumnya yang menurut theGUE paling bermanfaat dari kesekian postingan theGUE yaitu cara mengatasi Printer Epson L200/ TX121 Mati total.
  Kenapa kali ini theGUE bilang 'L200/ Tx121' tidak seperti dulu yang fokus pada L
'L200' saja? ini karena Mainboard Printer Epson L200 dan Mainboard Epson TX121 sama persis dan kebetulan 2 minggu lalu theGUE mendapat job memperbaiki Epson TX121 modif yang juga mengalami matot, penyelesaiannya pun sama dengan Epson L200 matot (karena mainboardnya sama persis).
  Ok tidak usah panjang lebar lagi, untuk mengatasi Printer Epson L200/ TX121 mati total (matot) sobat cukup perhatikan gambar dibawah ini :

  Sekian postingan theGUE yang juga 'mengulang' postingan sebelumnya yang berjudul 'Mengatasi Printer Epson L200 Mati Total', semoga tetap bermanfaat. :D

Update tanggal 17 Januari 2014 kemarin sore baru saja menyelesaikan perbaikan printer Epson L200 matot yang dkarenakan dioda tapi bukan D1, jadi intinya kalau ada kerusakan printer matot yang pertama kali dicek adalah adaptornya, kalau adaptornya ok aru pengecekan dilanjutkan pada Mainboardya (motherboard). yang theGUE lakukan kemaren setelah mengganti D1 tapi ternyata printerya tetep mati ahirnya theGUE coba cek D1 yang sudah terlepas dan ternyata kondisinya masih bagus, kemudian theGUE lanjutkan dengan mengecek pada seluruh dioda yang ada pada MB dan alhamdulillah ketemu salah satu dari sekian dioda yang mati kondisinya dan letaknya berada disebelahnya IC dan berdekatan juga dengan fuse (f1, f2), setelah theGUE ganti (kali ini pakai dioda biasah ukuran 1A karena bentuk diodanya juga biasah tidak seperti dioda D1 yang berukuran kotak kecil) dan dicoba ahinya peinternya nyala.

NB : Bagi yang belum jelas silakan berkomentar dikolom komentar dibaawah postingan ini. Terimakasih.

19 komentar:

  1. printer epson L 200 tiba2 mati mendadak ngga nyala lalu teman saya sarankan agar ganti diodanya yang 1 amper tapi setelah saya ganti tetap juga ngga nyala juga knapa yah dan masalahnya dmana ya?
    mohon bantuannya

    BalasHapus
  2. sebelum cek MB(MainBoard) cek dulu PS(PowerSupply/ adaptor)nya gan. .
    kalu yakin normal baru cek MB,,apa agan yakin d1 yang agan gantikan itu masih normal?

    BalasHapus
  3. Udah saya ganti, masih matot, saya yester pada 3 pin power input di MB, ada hubungan terbuka dari salah satu input arus, kira-kira ic power di MB yang mana yg rusak, terimakasih

    BalasHapus
  4. coba dicEk output yang terbuka iku sebelumnya berasal dari mana? kemungkinan dari komponen sebelumnya atau IC yang telah terlewati arus yang terbuka itu..

    BalasHapus
  5. Salam Kenal Mas, Sy Yudi dari MEDAN.
    Printer saya Epson L200 Matot, setelah diperiksa, mainboardnya problem.
    saat dicek keseluruhan ternyata yg short pada IC Thosiba TB62254AFNG,
    kalau komponen lain masih bagus baik dioda, kapasitor, transistor maupun part lainnya.
    kalau boleh tau dimana ya, ada jual IC TB62254AFNG tsb,...???
    thanks sebelumnya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf untuk tempat jual part ic seperti itu saya sendiri juga tidak tahu tempatnya, cara paling aman 'kanibal' ic board lain yang sama :D

      Hapus
  6. beli d1 nya dimana ya bang...

    BalasHapus
  7. Anonim2:53 AM

    salam kenal mas. saya mw nanya printer l200 matot....
    arus out regulator bagus tapi stelah si hubungkan MBoard arus ga normal dan bazer nya bunyi berulang-ulang( tit tit)...padahal dioda d1 uda di ganti.....
    dimana kendalanya lagi mas????

    BalasHapus
  8. Anonim8:12 AM

    gan mau tnya tntang tx121, d1 sdh sya gnti dengan dioda 1A dan brhsil printernya nyala, Tapi setelah 1 hari printernya matot lagi plus da bunyi tit..tit..tit. Bagaimana ya cara mengatasinya lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf sebelumnya untuk penggantian dioda tolong diusahakan, cari kanibalan saja, karena saran saya yang dulu untuk mengganti dengan dioda 1A itu belum tested, theGUE mohon maaf..jika sudah terlanjur mengikuti saran saya, saya minta maaf..itu memang bisa nyala tapi dikarenakan nilai dioda yang seharusnya dipasang bukan 1A, malah mengakibatkan mobo jadi konslet, jadi untuk mengatasinya harus cek komponen yang dilalui arus satu persatu, atau paling parah malah ICnya yang rusak..

      Hapus
    2. mas mau nanya,,
      D1 pada MB nya udah di ganti,,ap D1 yang ada pada PS nya juga Harus di ganti..
      Mohon bantuannya...?????

      Hapus
  9. mana balsannya...??????
    Saya mau nanya..L200 saya juga MaTot Nie,....
    D1 pada MB nya Udah di ganti ,tapi kok masih ngak nyala..
    trus,abiz gi ganti kok kaya' ada yang bunyi,nyit,nyit,nyit gtu,kaya' arus pendek....
    Apa D1 yang ada pada PS nya juga harus di ganti....???????

    BalasHapus
  10. itu mb-nya yang short mas, kalo udah bunyi nyit,nyit,nyit...nyari shortnya cek 1per1 komponen n icnya

    BalasHapus
  11. Anonim2:58 PM

    mas, di gambar itu, katodanya yang sisi atas atau bawah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang ada tandanya yang atas

      Hapus
  12. Maaf gan, numpang tanya. L200 ane juga mato gan, kira2 kalo D1 -nya diganti dengan ukuran apa ya yang menurut agan ideal?. Sebab punya saya gak bisa dibaca lagi ukurannya. Mohon bantuannya ya gan. Thanks

    BalasHapus
  13. gan mau tanya , L 200 kalo mainboardnya kena tinta dan mati total biasanya kerusakannya di mana ya

    BalasHapus
  14. Anonim9:17 AM

    Berarti kalo mobo tetep ga jalan meski dah ganti diode solusinya ganti mobo yw kang?

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung ke Blog theGUE, theGUE berharap apa yang theGUE tuliskan diBlog ini bisa bermanfaat bagi sobat semuanya, silakan berkomentar ataupun memberikan kritik dan saran positif yang membangun kepada theGUE.

Next Prev
▲Top▲