Tuesday 24 June 2014

Cara Cek Kondisi Hardisk Komputer / Laptop

 Pernahkah komputer/ laptop anda terasa lamban (lemot)?..hampir setiap anda yang merupakan pengguna komputer/ laptop pasti pernah merasakan hal ini. Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan laptop/ komputer anda jadi terasa lamban (lemot) saat digunakan, bisa karena virus, OS crash, ram/ memory error, mobo dari komputer/ laptop anda yang error atau hardisk yang mengalami bad sector.
 Disini theGUE coba share cara cek salah satu dari beberapa faktor yang telah theGUE sebutkan diatas yaitu pengecekan pada hardisk komputer/ laptop. Penyebab hardisk error pn bermacam-macam, bisa karena komputer/ laptop sering restart, terkena benturan, jatuh, goncangan, sering mematikan kompter/ laptop tidak sesuai prosedur seperti mematikan langsung dari tombol power pada komputer/ laptop atau mencabut stopkontak secara langsung sebelum mematikan komputer/ laptop yang sumber pasokan listriknya dari stopkontak, hardisk itu sendiri yang sudah berumur(soak) dan masih banyak lagi.
 Bagaimana kita bisa mengetahui kondisi hardisk yang masih layak pakai dan tidak?..kita bisa mengeceknya melalui command prompt dengan mengetikkan 'CHKDSK' atau 'CHKDSK /F' tanpa tanda petik lalu tekan tombol Enter pada keyboard, kita juga bisa menggunakan bantuan software, disini theGUE biasa menggunakan software 'Hardisk Sentinel', lewat software tersebut kita bisa tahu kondisi 'healthy' hardisk kita berapa % dan juga 'performance'-nya, juga ada keterangan tentang hardisk yang mengalami error tersebut.
 tampilannya seperti gambar berikut :


sobat bisa mendownloadnya disini sekian semoga bermanfaat jangan lupa kasi komentar :D

1 comment:

Terimakasih telah berkunjung ke Blog theGUE, theGUE berharap apa yang theGUE tuliskan diBlog ini bisa bermanfaat bagi sobat semuanya, silakan berkomentar ataupun memberikan kritik dan saran positif yang membangun kepada theGUE.