Thursday 2 March 2023

Sedikit Sharing tentang Pemasangan CCTV

 Dulu saat pertama ikut pemasangan kamera cctv saya asing sekali tentang bagaimana cara pemasangannya seolah-olah itu sesuatu yang 'wow' & 'canggih' hehehehe karena belum pernah memegang bentuk fisik kamera cctv dan hanya tahu difilm-film saja. Namun ternyata prinsipnya sama saja dengan peralatan elektronik lainnya yang membutuhkan listrik - (negatif) & + (positif). baik itu untuk sumber kehidupan maupun tranfer data pada alat penyimpanan atau DVR (Digital Video Recorder).

Saya sekedar sharing yang saya tahu dan pernah saya praktekkan saat pemasangan cctv selama ini saya mengenal 2 macam kabel dan konektor yang dipakai untuk instalasi kameraa cctv, yang pertama menggunakan kabel Lan (yang biasa dipakai untuk jaringan) dan yang ke-2 dengan menggunakan kabel RG59 (kabel untuk cctv). untuk konektornya (video) jika pemasangan menggunakan kabel Lan maka menggunakan konektor 'video baloon' sedangkan jika menggunakan kabel RG59 menggunakan konektor BNC. bentuk fisiknya seperti pada gambar dibawah ini,

Konektor BNC RG59

konektor video baloon
kabel RG59
kabel Lan Cat5 / Cat6

Kesimpulan saya sebenarnya ternyata pemasangan cctv itu tidak sulit sesimpel memahami listrik positif (+) dan Negatif (-). maksud saya asalkan anda memahami listrik positif dan negatif anda pasti juga bisa melakukan instalasi pemasangan cctv sendiri. karena cctv akan bekerja dengan listrik DC 12v dan rata-rata minimal arus 2A, kemudian pada jalur transfer datanya juga sama hanya ada positif dan negatif saja.
 Kemudian untuk jenis kameranya ada indoor dan outdoor, sesuai namanya untuk kamera jenis indoor digunakan untuk instalasi didalam ruangan, sedangkan cctv outdoor untuk instalasi kamera diluar ruangan (jenis cctv outdoor tahan terhadap perubahan cuaca hujan maupun panas) contoh fisiknya seperti gambar dibawah ini,


Kamera Indoor

Kamera Outdoor
 Ada juga teknologi kamera yang menggunakan ip address untuk koneksinya ke mesin perekam NVR (Network Video Recorder). karena untuk koneksinya menggunakan jaringan / network. Lalu ada juga kamera cctv yang tidak memerlukan DVR maupun NVR untuk penyimpanannya menggunakan microSD yang slotnya telah tersedia pada jenis kamera seperti ini. untuk model fisik kameranya kebanyakan seperti pada gambar berikut,

jenis kamera diatas memerlukan koneksi internet sehingga untuk memantau hasil recordnya bisa melalui handphone, lalu apakah selain kamera independen tidak bisa dicek melalui handphone?, jawabannya tentu bisa asalkan perangkat penyimpanannya (DVR maupun NVR) terhubung dengan internet sehingga bisa dipantau melalui handphone. kelebihan lainnya kamera yang menggunakan DVR & NVR bisa langsung dilihat hasil recordnya melalui monitor / televisi dengan mengguynakan kabel VGA maupun HDMI.

 Jika kalian penasaran dan mau mencoba  untuk melakukan instalasi cctv sendiri untuk praktek hehehe
kalian sa cek harga paket cctv, Kunjungi toko ini di Shopee! atau diLazada Disini.

 Demikian sekilas pengetahuan saya tentang cctv semoga bisa menambah wawasan bagi yang belum mengenal tentang cctv, terimakasih saya sampaikan pada para pengunjung maupun pembaca yang telah bersedia membaca artikel saya semoga bermanfaat. jika ingin bertanya atau menambahi dan maupun merevisi barangkali ada silakan berkomentar pada kolom komentar dibawah.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke Blog theGUE, theGUE berharap apa yang theGUE tuliskan diBlog ini bisa bermanfaat bagi sobat semuanya, silakan berkomentar ataupun memberikan kritik dan saran positif yang membangun kepada theGUE.